Wednesday, May 13, 2009

URUTAN MEMBUAT PROGRAM DI DELCAM POWERMILL

URUTAN MEMBUAT PROGRAM DI DELCAM POWERMILL

Dalam Delcam PowerMill ada urutan langkah2 yang dianjurkan untuk membuat sebuah toolpath. Langkah2 tersebut terstruktur dengan baik bila kita melakukannya sesuai yang dianjurkan. Tetapi saya menemukan langkah2 yang menurut saya sendiri lebih efektif dan lebih menghemat banyak waktu .

Ini adalah langkah2 yang dianjurkan ( setidaknya yang ditrainingkan ke saya ) :









1.TENTUKAN TOOL
2.TENTUKAN BLOCK MATERIAL
3.TENTUKAN FEEDS AND SPEEDS
4.TENTUKAN RAPID MOVE HEIGHTS
5.TENTUKAN TOOLPATH STRATEGYS
6.TENTUKAN LEADS AND LINKS

Ini adalah langkah2 yang saya pakai









1.TENTUKAN TOOLPATH STRATEGYS
2.TENTUKAN TOOL
3.TENTUKAN BLOCK MATERIAL
4.TENTUKAN LEADS AND LINKS
5.TENTUKAN RAPID MOVE HEIGHTS
6.TENTUKAN FEEDS AND SPEEDS

Penjelasannya adalah sebagai berikut:
1.Hal pertama yang kita lakukan sebelum membuat program adalah membayangkan dulu kira2 bagaimana gerakan tool yang kita inginkan, apakah dari atas, bawah, kiri, kanan dst.
Dari gerakan tool yang kita inginkan, batu kita pilih Toolpath Strategys yang sekiranya menghasilkan toolpath sesuai keinginan kita.

2.Setelah itu kita tentukan Toolnya. Bagaimana bentuknya, berapa ukurannya menurut bentuk kontur dam luas area yang akan kita bikin toolpathnya.

3.Setelah itu kita tentukan ukuran blok materialnya sesuai area yang diperlukan
Kemudian Toolpath kita Calculate.
Dari hasil toolpath, kita cek, mungkin ada yang perlu kita edit atau kita hilangkan toolpath yang tidak perlu.

4.Setelah Toolpath kita ok, kita atur Leads and Linksnya sesuai yang kita inginkan.

5.Lalu kita atur Rapid Move Heightsnya pada posisi aman.

6.Baru saat kita akan tulis NCDATA, kita atur Speeds and Feeds sesuai rekomendasi tool yang kita pakai

Dari urutan yang saya lakukan bias menghemat waktu saat toolpath yang dihasilkan dari strategy yang kita pilih tidak sesuai keinginan kita. Jadi kita bisa saja mencoba atau menggabungkan lebih dari satu strategy untuk menghasilkan gerakan tool yang kita inginkan.
Jadi kita tidak membuang banyak waktu untuk mengatur Leads and Links, Rapid Move Heights, dan Feeds and Speeds.

9 comments:

  1. wah bagus neh artikelnya mas, salam kenal mas. promosi lagi mas blognya. kerja dimana mas?

    http://awalsholeh.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. makasi mas,
    salam kenal juga, ini mau share pengalaman aja

    ReplyDelete
  3. gimana caranya ya, waktu write nc program ada warning "post processor error-failed to get translator version from registry". ada yang tau why?

    ReplyDelete
  4. untuk pengalaman saya, saya belum pernah mengalami error yang seperti itu, yang biasa saya alami adalah bila plunging feed dan feedrate saya kasih angka yang sama itu baru error saat write nc program.

    ReplyDelete
  5. Hallo...
    Mau comment aja dikit. Biasanya saya pake CAD ama CAM yang jadi satu (integrated ya?). Delcam bikin semuanya kepisah2, jadi ribet. Post (write NC) di powermill juga lama dan tlalu stricted. S-kali2 coba nyang lain dong (eg. mcam, surfcam, ato cimatron & UG yang integrated) dan bikin forum buat sharing (sorry saya gak bisa ngeblog, intnet plg buat cari info cad/cam ajah)
    thanks

    ReplyDelete
  6. salam...
    Kebetulan pekerjaan saya lebih konsentrasi ke CAM bukan CAD. Untuk CAM saya pernah menggunakan Mastercam, UG dan sedikit Catia. Tetapi menurut saya yang paling cocok adalah Delcam PowerMill

    Yang saya rasakan

    Mastercam untuk GUI terlalu kaku dan untuk kemungkinan tool nabrak besar

    UG sebenarnya bagus karena banyak parameter yang bisa diatur, tetapi karena terlalu banyak parameter yang bisa diatur itu malah jadi ribet sendiri, karena untuk membuat sebuah toolpath saya harus mengisi banyak sekali parameter.

    Delcam PowerMIll dalam membuat sebuah toolpath cukup simpel, dan kemungkinan nabrak sangat kecil.

    itu yang saya rasakan

    ReplyDelete
  7. Mastercam saya rasa bagus hanya saja nc tape write-nya agak lemot dibandingkan Delcam Powermill itu salah satu hal yang membuat saya berpindah ke software ini.Tetapi untuk urusan toolpath 2.5 dimensi sya jauh lebih advance memakai mastercam dikarenakan sifatnya yang fully updateable entity and boundary menurut saya.

    ReplyDelete
  8. Saya setuju dengan mas Kuroro, memang untuk urusan 2.5D Mastercam lebih bagus, apalagi dengan option bisa diaktifkan koompensasi tool dari mesin langsung.
    Tetapi saya rasa Delcam sudah melihat itu, dan mulai Delcam PowerMill versi 8, Delcam juga membuat feature kompensasi tool seperti itu juga, cuma memang saya sendiri juga belum mendalami untuk menerapkannya karena kebetulan saya lebih banyak ke 3D.

    ReplyDelete
  9. Bagus mas blognya, kalau untuk Hypermill silakan mampir mas https://solusicam.wordpress.com/

    ReplyDelete