Wednesday, May 20, 2009

NGEBUT DENGAN LEADS AND LINKS

NGEBUT DENGAN LEADS AND LINKS











Dalam Delcam PowerMill, gerakan tool dibagi beberapa bagian.
Selain toolpath, yang gerakannya untuk membentuk kontur benda sesuai model, ada juga gerakan yang namanya Leads and Links.

Lead and Links adalah adalah gerakan yang selalu menempel pada toolpath dari awal, tengah sampai akhir. Leads and link dibagi beberapa gerakan sbb:

1.Approach Move
adalah gerakan tool saat mendekati benda kerja
2.Lead in
adalah gerakan awal pemakan ke benda kerja
3.Lead out
adalah gerakan saat tool keluar dari benda kerja.
4.Links
adalah gerakan yang menghubungkan satu garis toolpath dengan garis toolpath yang lain.
5.Retract Move
adalah gerakan tool menjauhi benda kerja setelah semua proses selesai.

Leads and Links sangat berpengaruh pada waktu proses dan juga tool live ( umur pakai tool ).
Dengan mengatur Leads and Link secara tepat akan sangat kelihatan perbedaan waktu yang didapatkan.
Berikut adalah Tips pengaturan Leads and Links yang sering saya gunakan

7 comments:

  1. mas mau nanya kemarin saya coba sistem scanning pada mdx 20 dgn picsa kok ke arah sumbu y gak bisa scann keseluruhan yah? apa mesinnya rusak ataw eror? dah bisa buat kotak pesan ya mas?

    ReplyDelete
  2. wa kalo untuk masalah scanning saya kurang gitu paham, tapi kalo dah jadi 3d mau dimachining nanti saya jelaskan

    ReplyDelete
  3. terima kasih mas. saya sharing yah misal di tugas akhir saya ada kendala atau kurang taw di machining. matur nuwun mas.

    ReplyDelete
  4. mas aciroo punya software dari Delcam yaitu Crispin atau Orthomodel gak?

    ReplyDelete
  5. @ mas Sholeh
    kebetulan saya tidak punya software yang mas sebutkan,
    yang sehari hari saya gunakan saat ini untuk Delcam baru Power Shape dan Power Mill saja.
    Coba aja download dari website Delcam langsung, mungkin ada versi yang trial mas

    ReplyDelete
  6. Bagus mas blognya, kalau untuk Hypermill silakan mampir mas https://solusicam.wordpress.com/

    ReplyDelete